Dampak Negatif Sosial Media Yang Perlu Diperhatikan

Dampak Negatif Sosial Media - Sosial media memang sangat ngtren pada saat ini, yang paling mendominasi menggunakannya yaitu kalangan para remaja.

Karena memang sosial media dapat digunakan untuk hiburan karena kita bisa gunakan untuk media berekspresi.

Bisa dibilang juga sosial media ini kebutuhan orang - orang saat ini, karena anak kecil pun sudah ada yang mempunyai akun sosial media.

Sosial media tidak hanya digunakan untuk berekspresi karena ada lagi hal - hal yang dapat dilakukan dengan sosial media seperti, melakukan promosi bisnis, dan komunikasi. Tapi tetap saja fungsi utama sosial media adalah komunikasi.

dampak negatif sosial media

Namun dari pada itu banyak sekali dampak sosial media ini baik dampak positif maupun dampak negatif. Dan disini kita akan membahas beberapa dampak negatif sosial media yang perlu diperhatikan.
Baca juga : Dampak Positif sosial media Yang Perlu Diperhatikan

Dampak Negatif Sosial Media

Berikut adalah dampak negatif yang harus diperhatikan bagi semua orang. Diharapkan jangan sampai terjadi pada kita masing - masing

1. Kehilangan kendali diri
Seperti apa yang saya bilang tadi bahwa sosial media bisa digunakan untuk media berekspresi, namun berekspresi dalam sosial media yang berlebihan juga berdampak yang negatif, dan menyalahi aturan.

Orang - orang menganggap bahwa sosial media ini bebas bereskpresi, namun nyatanya tidak karena ada aturan yang harus ditaati dalam berekspresi.

Sudah banyak orang yang bermasalah ketika mengeluarkan ekspresi yang berlebihan di sosial media.

Seperti contoh, ada seorang siswi yang mengunggah foto yang tidak pantas ke sosial media, dan pada saat itu ada gurunya yang mengetahui tentang itu sehingga siswi dikeluarkan dari sekolah karena dianggap mempermalukan sekolah.

 Jadi dengan sosial media ini banyak orang yang kehilangan kendali diri.

2. Kehilangan privasi
Karena inti dari sosial media ini berbagi sehingga salah satu yang bahaya dari sosial media adalah hilangnya privasi.

Dengan berbagi ini banyak orang khususnya remaja menceritakan apa yang telah dialaminya.

Misalnya ketika baru pacaran dengan seseorang banyak para remaja menceritakan tentang kejadian tersebut ke sosial media sehingga orang - orang pun tahu dengan kejadian ini dan privasi pun diketahui oleh orang yang kita tidak kenal.

3. Boros uang
Update status, upload foto, video dan masih banyak lagi yang dilakukan oleh pengguna akun sosial media untuk bereskpresi.

Tentunya ini dilakukan tidak gratis melainkan memakai kuota.

Banyak para remaja yang mengumpulkan uang hanya untuk membeli paket internet ini, karena memang biaya paket lumayan mahal bagi para remaja khususnya para pelajar yaitu minimal mempunyai pulsa 50 ribu untuk bisa membeli paket internet yang disediakan.

4. Menjauhkan yang dekat
Memang pernyataan ini sangat benar, jika diperhatikan banyak remaja yang kurang akrab pada tetangga sekitar. Dan terdapat pengalaman teman saya juga yang bisa membuktikan ini.

Ketika teman saya berkumpul dengan teman - temannya, mereka asyik dengan hp masing - masing untuk menggunakan akun sosial media masing - masing.

Sehingga ketika kita sibuk dengan akun sosial media masing - masing, bisa jadi kita tidak akan berinteraksi dengan orang - orang yang ada disekitar kita.

5. Kecanduan
Sosial media dapat membuat sifat candu ketika menggunakannya. Orang yang sudah asyik dengan sosial medianya sangat susah untuk meninggalkan akun sosial medianya. Dengan sifat candu ini banyak orang yang tidak mengenal waktu dan lupa dengan pekerjaan yang harus diselesaikannya.

6. Menganggu kesehatan
Banyak para pengguna yang sudah asyik dengan akun sosial medianya tidur pada larut malam. Ini menyebabkan kesehatan pasti akan terganggu karena bisa kekurangan tidur. Apalagi khususnya para pelajar apabila tidurnya terlalu larut akan menganggu kegiatan belajar di sekolah.

Itulah beberapa dampak negatif sosial media yang bisa saya sampaikan. Jangan lupa like + share melalui tombol yang ada di bawah ini.